Yesus Sang Pembela Kita

Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi. Ams. 28:13

Apakah Kristus Pembela Anda? Sadarkah Anda bahwa ada catatan di sorga terhadap Anda dan betapa natur kesalahan Anda mengharuskan Anda diadili dengan ukuran aturan Allah? Apakah Anda sudah mempertimbangkan berapa besar kedengkian musuh Anda dan kerugian yang diperkirakan harus Anda tanggung? Sudahkah Anda menemui kegagalan dengan semua hal lain yang menawarkan pembelaan bagi perkara Anda? Ada yang mengandalkan keluh kesah, air mata, doa, dan perbaikan diri sebagai pembelaan mereka; sudahkah Anda juga mencobanya dan menemukan bahwa semua itu tidak memadai? Sudahkah Anda melihat ketidakberdayaan Anda jika Tuhan Yesus tidak mengambil alih perkara Anda sebagai Pembela?

Yesus tidak masuk dalam pertimbangan sekiranya manusia dapat membuat perubahan tanpa Dia. Adakah Anda bersikap seperti ini kepada-Nya? ”Saya akan binasa selamanya jika Tuhan tidak campur tangan; Tuhan Yesus, belalah saya!” Apakah Anda benar-benar prihatin dengan kehancuran besar yang pasti akan melanda Anda selamanya, jika Anda didakwa di hadapan Allah tanpa Dia, Sang Pembela? Sudahkah Anda menceritakan pokok masalah Anda dan duduk persoalannya? Ia ingin mendengar dari mulut Anda sendiri. “Oh, Tuhan, saya datang kepada-Mu untuk urusan didakwa di depan takhta pengadilan Allah. Keselamatan saya sedang dipertaruhkan. Saya akan diinterogasi tentang perhatian saya mengenai hal-hal sorgawi, dan saya takut kepada Sang Hakim. Musuh saya licik dan penuh kebusukan, dia siap menuntut saya dengan hukuman mati dan berikutnya adalah neraka. Tuhan, hukum Taurat juga melawan saya. Saya telah berdosa dengan sangat mengerikan, dan memang inilah yang telah saya perbuat. Saya rentan di hadapan Hukum Taurat. Saya telah membiarkan musuh berada di atas angin, dan ia pasti mempunyai banyak bukti yang memberatkan saya. Tuhan, saya tertekan, tolonglah bela saya!” Ingatlah, Pembela Anda bagaikan sahabat, bukan musuh! Anda perlu membuka hati dan mengungkap tuntas seluruh perkara Anda kepada-Nya.

 Sumber: John Gibbon (1648-1721), Puritan Sermons 1659-1689, I:101-107; Richard Rushing – Voices from the past