Sifat-Sifat Anugrah Keselamatan

Anugerah keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus memiliki 3 sifat: pertama, keselamatan adalah hal yang sangat berharga. Anugerah keselamatan bukanlah barang rongsokan yang dibagikan gratis tetapi menyangkut hubungan dengan Allah yang dipulihkan, pengampunan dosa, kepastian hidup kekal di surga, hidup baru dan hal-hal lain yang tak ternilai harganya.

Kedua, keselamatan bersifat cuma-cuma. Keselamatan bukan dibayar oleh usaha manusia. Sebab semua kebaikan manusia seperti kain kotor di mata Allah. Manusia yang sudah tercemar oleh dosa, tidak mungkin dengan satu juta perbuatan baik yang sudah tercemar oleh dosa bisa masuk ke dalam surga. Tetapi oleh anugerah Allah, manusia memperoleh keselamatan. Bersifat cuma-cuma karena dosa dan hukuman orang percaya telah ditanggung oleh Kristus di atas kayu salib.

Ketiga, keselamatan diberikan kepada orang yang tidak layak. Penganugerahan keselamatan berbeda dengan penganugerahan doktor kehormatan. Gelar dan penghargaan lain diberikan kepada orang yang memang layak menerimanya. Tetapi anugerah keselamatan diberikan kepada manusia yang tidak layak, yang adalah musuh Allah, yang telah menghina Allah tetapi Allah mau menyelamatkan manusia.