Pensiun?

Tidak ada seorang pun dapat meletakkan fondasi apapun melebihi Seseorang yang sudah menaruhnya, yaitu Yesus Kristus. Jika seseorang membangun di atas fondasi ini menggunakan emas, perak, batu-batu mahal, kayu, rumput kering/jerami, pekerjaannya akan ditunjukkan untuk apa, karena ‘Hari Itu’ akan membawa pekerjaan-pekerjaan itu kepada terang. Pekerjaan itu akan dibukakan dengan api, dan api itu akan menguji kualitas dari setiap pekerjaan manusia. Jika apa yang telah dia buat bertahan, dia akan memperoleh upahnya. Jika terbakar, dia akan kehilangan upahnya; dia sendiri akan diselamatkan, tetapi hanya sebagai orang yang keluar melalui api. (1 Kor. 3:11-15)

Suatu hari kamu akan pensiun/berhenti bekerja. Seperti apakah hal itu? Menggairahkan dan memuaskan atau kosong dan tumpul? Banyak orang yang menemukan bahwa apa yang mereka lakukan dengan benar, ternyata sekarang memuaskan. Ada perjanjian bisnis yang harus dibuat, penggabungan perusahaan yang diatur, pelajaran mengatasi hambatan dalam olahraga golf, anak-anak dibesarkan dan dinikahkan, rapat yang harus dihadiri – daftar kegiatan bisa terus berlanjut. Hidup adalah kepenuhan … untuk sekarang. Tetapi ketika kamu pensiun/berhenti bekerja, di manakah penggabungan perusahaan dan perjanjian bisnis itu? Akankah otot-ototmu kuat untuk 18 ronde permainan golf atau softball? Apa yang terjadi bila anak-anakmu hidup 3.000 miles (4.800 km) jauhnya darimu? Atau apa yang terjadi jika anak perempuanmu yang sudah cerai dengan ketiga anaknya datang ke rumahmu untuk hidup?

Banyak hal mungkin terjadi sekarang… tetapi bagaimana nanti? Dapatkan kamu meneruskan aktivitas-aktivitasmu sampai pada hari kamu berhenti bekerja? Para atlit telah berkata bahwa selamat bertahun-tahun hidup mereka dihabiskan oleh olahraga mereka. Salah sau pemain baseball terhebat sepanjang waktu membuat pernyataan “You know, for years I ate baseball, I slept baseball, I talked baseball, I thought it and lived it. One day it was over. I found out then when you get beyond those years, you can’t live on baseball!

Banyak orang menghidupi hidup mereka seolah-olah apa yang mereka lakukan akan diperpanjang sampai mereka mati. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Ada satu hal yang kita dapat lakukan sekarang dan dilakukan di seluruh hari kita. Hal itu dinamakan menghidupi kehidupan Kristen (Living the Christian Life). Pekerjaan ini adalah sekarang dan di sini, dan akan terus bersama denganmu!

Sumber: H. Norman Wright. Strong to the Core. Oregon: Harvest House Publishers.