Kriteria Kesuksesan

Jangan serupa lagi dengan pola dunia ini, tetapi berubahlah melalui pembaruan akal budimu. Maka kamu akan mampu menguji dan menyutujui apa yang menjadi kehendak Allah – kehendak-Nya yang baik, berkenan, dan sempurna. (Roma 12:2)

Apakah kamu mau hidup mandiri? Tentu! Akan tetapi di samping kita mau menjadi seperti apa, seringkali kita mengijinkan diri kita dibentuk dan disesuaikan oleh masyarakat, yang mengatakan bahwa kita harus:

Menjadi sesuatu (to be something)
Melakukan sesuatu (to do something)
Membuktikan sesuatu (to prove something)
Memiliki sesuatu (to own something)
Mencapai sesuatu (to achieve something)

Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa kita harus sukses untuk bisa diterima orang. Siapakah yang menetapkan kriteria kesuksesan? Kita dapat mengikuti standar masyarakat atau kita dapat mengikuti standar Allah. Masyarakat mengatakan ambil lebih banyak, buat lebih banyak, habiskan lebih banyak, dan di atas semuanya: dapatkanlah lebih banyak! Kadang-kadang kita menyamakan berkat-berkat Allah dengan kemakmuran. Apakah mengendarai sebuah mobil BMW merupakan sebuah tanda berkat atau sebuah penyerahan pada standar kesuksesan masyarakat? Ini adalah hal yang perlu dipertimbangkan.

Mudah untuk terjebak dalam keinginan hati dan hal yang seharusnya kita dapatkan. Seringkali ini merupakan tekanan dari anggota keluarga lain yang mendesak kita. Kembalilah pada lima pernyataan masyarakat yang mendefinisikan kesuksesan, dan ajukan pertanyaan-pertanyaan ini: Ingin menjadi seperti apa aku ini? Apa yang ingin kulakukan? Apa yang aku ingin miliki? Apa yang ingin aku capai? Apa yang ingin aku buktikan?

Kamu tidak harus menjadi apapun, membuktikan apapun, memiliki apapun, atau mencapai apapun. Yesus Kristus telah menyelesaikan semuanya itu untukmu! Jadi tenanglah. Yesus meminta kamu untuk mengikuti-Nya dan membiarkan-Nya menghidupi kehidupan untukmu. Bukankah Dia berkata “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaran Allah, dan semua hal itu akan diberikan kepadamu juga.” (Mat. 6:33)

Sumber: H. Norman Wright. Strong to the Core. Oregon: Harvest House Publishers.