Kemampuan Iman

Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. Mzm.119:97

Iman dapat melakukan banyak hal bagi Anda. Tidaklah cukup penyakit Anda disembuhkan, kecuali Anda juga mengangkat tempat tidur Anda dan berjalan. Oh, betapa kehidupan penuh anugerah yang telah dilihat penulis pada beberapa orang! Makanan dan minuman mereka adalah melakukan kehendak Allah.

Mungkin saja ada yang berkata walaupun aku bukanlah orang yang diganggu / dikuasai oleh tabiat buruk, tetapi aku merasa tawar hati dan belum dapat menikmati hal-hal rohani. Berdoa, merenung, dan menikmati harinya Tuhan (hari minggu) masih sesulit membuat besi mengambang di air. Tetapi tidak ada yang mustahil bagi iman. Iman dapat mengubah hal-hal ini menjadi begitu alami bagi Anda. Daud telah datang demi menikmati kesukaan di dalam pelayanan bagi Allah. Ia menyukai titah-titah Allah lebih daripada emas, dan titah-titah Tuhan itu baginya lebih manis dari madu sarang lebah. Ia sering terbangun di tengah malam untuk merenungkan hal-hal yang berkenaan dengan Allahnya.

 Manusia biasa mungkin saja sanggup melaksanakan banyak tugas semacam ini, tetapi itu bukan keluar dari hati yang percaya. Iman membuat semua berjalan lancar dan kuk menjadi ringan dan mudah (Yes. 40:31). Iman menghisap nutrisi dari akar Kristus. Inilah yang telah mengajar Daud untuk bertempur dan Paulus untuk berkhotbah. Iman menimba dari kepenuhan anugerah Tuhan. Iman memampukan kita menjadi selembut Musa, sesabar Ayub, dan segigih Daud.

Hiburkanlah jiwa Anda di dalam Tuhan dan carilah perkenanan-Nya melalui iman. Pikirkanlah tentang penyatuan Anda dengan Dia dan juga kesulitan-kesulitan yang akan Dia singkirkan dari Anda. Pertimbangkan anugerah-anugerah yang Anda butuhkan dan mintalah bagian Anda sebagaimana putri Kaleb memintanya (Hak. 1:14). Turutilah tiap hari intstruksi ini dan sebagaimana bimbingan Roh Kudus.

Penulis tidak menjanjikan kesempurnaan, akan tetapi selagi Anda bertumbuh dari iman kepada iman, Anda juga akan bertumbuh dari kekuatan kepada kekuatan di dalam anugerah-Nya, sampai secara bertahap Anda mencapai kedewasaan yang sempurna di dalam Kristus. Anda akan menjadi seorang kudus di bumi. Anda akan menjadi terang di dalam dunia yang gelap ini. Anda akan dimampukan untuk hidup di dalam kekudusan dan kebenaran-keadilan sepanjang hidup Anda dengan penghiburan yang berlimpah bagi diri Anda sendiri dan penghargaan bagi Injil.

Sumber: Samuel Ward (1572-1643), sermons, hlm.32-33; Richard Rushing – Voices from the past