Kebahagiaan Diampuni

Betapa diberkatinya dia yang pelanggarannya diampuni, yang dosanya ditutupi! Betapa diberkatinya orang yang kepadanya Allah tidak memperhitungkan kesalahannya, dan orang yang jiwanya tidak ada tipu! Mazmur 32:1-2

Pernahkah kamu memiliki pengalaman yang akhirnya kamu dapat mengatasi sebuah kebiasaan atau masalah yang mengganggumu bertahun-tahun? Masalah itu telah dibiarkan tertidur begitu lama (tanpa adanya kebangkitan), maka ketika terjadi penyelesaian masalah, itu merupakan peristiwa yang harus dirayakan. Dan itu adalah yang dilakukan Daud dalam ayat ini. Dia sangat gembira! Bacalah ayat-ayat itu lagi dan lihatlah pada 4 kata atau istilah yang digunakan untuk pelanggaran.

Pertama, transgression. Kata Ibraninya adalah “memberontak atau revolusi”. Ini adalah ketika kamu tahu peraturan, kamu tahu apa yang benar, tetapi kamu sengaja melanggarnya.

Kedua, sin. Artinya “Tidak tepat sasaran.” Kamu menyimpang dari jalan Tuhan.

Ketiga, iniquity/guilt. Kita tahu kita telah berdosa dan hasilnya adalah kita dinyatakan bersalah.

Keempat, deceit, artinya “pengkhianatan, menipu diri, dan penipuan.” Menipu diri terjadi ketika kita mengesampingkan rasa bersalah dan menolak untuk berhadapan dan mengalahkan dosa.

Pada ayat hari ini, Daud berkata “Ketika 4 hal ini hilang, betapa leganya! Jika seorang teman berkata kepadamu, “Aku telah melanggar dan berdosa. Aku rasa penuh dengan kesalahan dan aku menipu diri sendiri,” apa yang akan kamu sarankan? Ini beberapa jawaban jelas untuk bisa dibagikan:

– Aku mengakui dosaku pada-Mu dan tidak menutupi segala kesalahanku… dan Engkau mengampuni kesalahan dari dosa-dosaku (Mzm. 32:5)
– Dia yang menyembunyikan dosa-dosanya tidak akan sejahtera, tetapi siapa yang mengaku dan melepaskan dosa-dosanya akan menemukan belas kasihan. (Ams. 28:13)
– Jika kita mengaku dosa-dosa kita, Dia setia dan adil dan akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala ketidakbenaran (1 Yoh. 1:9)

Sumber: H. Norman Wright. Strong to the Core. Oregon: Harvest House Publishers.