Allah yang Mahahadir

Aku tidak akan pernah bisa menjauh dari Roh-Mu! Aku tidak akan pernah pergi dari Allahku! Mazmur 139:7

Dapatkah seorang pun sembunyi dari-Ku? Bukankah Aku ada di manapun di bumi maupun di sorga? Yeremia 23:24

Kita menghadiri gereja dengan tujuan menyembah Allah. Mengapa? Apakah karena Allah ada di sana? Mungkin dalam sebuah ibadah atau pertemuan, kamu mendengar orang berdoa “Oh Tuhan, sebagaimana kami datang ke hadirat-Mu…” Apakah itu benar? Tidak terlalu. Allah ada di manapun, tidak hanya di dalam sebuah gedung atau di luar gedung tersebut. Dia ada di seluruh tempat. Pada saat yang sama Tuhan dekat sekaligus jauh. Tidak ada satu pun tempat di mana orang dapat pergi dari-Nya.

Kita hidup dalam dunia di mana orang-orang pergi menghilang. Pasangan-pasangan pergi meninggalkan pernikahan dan tidak terlihat lagi. Anak-anak diculik dan menghilang selamanya. Beberapa orang mengganti nama mereka dan memulai hidup yang baru. Pemerintahan kita menyediakan sebuah program perlindungan saksi dan memberikan identitas baru kepada mereka yang bersaksi melawan kriminal yang berkuasa. Seolah-olah bumi baru saja menelan mereka. Akan tetapi tidak ada seorangpun menghilang dari Allah.

Daud membicarakan hal ini di Mazmur 139. Dia tahu dia tidak dapat sembunyi dari Allah. Dia dapat pergi ke sorga maupun dunia orang mati, atau dia dapat memiliki sayap dan terbang, atau pergi ke kedalaman laut, tetapi Allah ada di sana. Sangatlah sulit untuk mengerti Allah. Mungkin baik bila kita menemukan ide yang luar biasa ini. Ini menolong kita untuk lebih memiliki hormat, respek, dan rasa kagum. Pengetahuan tentang Allah bahwa Allah ada di mana pun merupakan sebuah penghiburan. Yesus mengajarkan hal ini untuk mendorong para murid-Nya: “Tentu Aku besertamu selalu, sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:20). Jadi ketika kamu sedang di tempat kerja atau rumah atau bermain golf, maka layanilah Tuhan dan hidup bagi-Nya, ingat bahwa Dia _selalu_ bersamamu. Dia mendukungmu, Dia mengasihimu.

 Sumber: H. Norman Wright. Strong to the Core. Oregon: Harvest House Publishers.