Keputusan-keputusan

Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana. Ams. 19:21

Kehidupan penuh dengan keputusan-keputusan – setiap hari. Beberapa keputusan mudah, seperti apa yang menjadi sarapan pagi dan apakah membaca halaman olahraga atau membaca komik lebih dahulu. Keputusan-keputusan lain adalah sulit – bagaimana menghabiskan 100$ saldomu atau bagaimana memberitahu keluargamu bahwa kamu tidak mendapatkan promosi seperti yang kamu pikirkan. Ketika kamu adalah seorang Kristen, ada elemen lain yang termasuk dalam pembuatan keputusan, yaitu kehendak Allah. Amsal 16:1-4 merefleksikan proses dimana kita pergi untuk mendapatkan kehendak Allah bagi hidup kita:

“Manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati…” Seringkali kita memutuskan terlebih dahulu apa yang akan kita lakukan dan kemudian kita berkata “Oh iya Tuhan, ngomong-ngomong…” Akhirnya kita beritahu Allah tentang hal tersebut seolah-olah Allah tidak tahu.

“tetapi jawaban lidah berasal dari pada TUHAN.” Allah merespons apa yang kita putuskan, dan seringkali di dalam cara-cara yang mengejutkan kita. Apakah itu pernah terjadi padamu?

“Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.” Pernahkah kamu berjanji pada Allah untuk membiarkan dirimu mendapatkan apa yang kamu mau? Seringkali kita memohon dan membenarkan alasan kenapa kita mau apa yang kita mau. Tetapi Allah tahu apa yang terjadi dalam diri kita.

“Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.” Allah bekerja di dalam segala sesuatu untuk tujuan-Nya.

Berikanlah keputusanmu kepada Allah. Beritahu Dia bahwa keputusan Allah adalah keputusanmu, dan kamu akan melakukan apa yang Allah mau… di dalam waktu-Nya. Lalu tunggu Dia dan dengarkan Dia. Biarlah hasrat-Nya menjadi hasratmu. Apakah kamu menghadapi sebuah keputusan penting hari ini? Dapatkanlah tuntunan ilahi!

Disadur dari buku: Strong to the Core, Norman Wright